Mens Folio

Switch to desktop

Defining Heroes

Eksekutif Zenith berbicara tentang “pahlawan” versinya.

Apa perbedaan selebritas dan pahlawan? Bagi Zenith Asia Pacific Brand Director Hugo Escudo, pahlawan adalah sosok yang timeless. Sementara selebritas akan lekang oleh waktu. Begitulah cara Hugo menganalogikan citra brand jam yang diwakilinya di hadapan para jurnalis Indonesia beberapa waktu lalu di Jakarta. Men’s Folio sempat berbincang dengan Hugo tentang berbagai hal yang berkaitan dengan jam tangan asal Swiss ini.

Respon market dari partisipasi Zenith pada skydiving dari luar angkasa oleh Felix Baumgartner?
Berdampak besar. Aksi Felix sangat sukses. Felix sendiri merepresentasikan Zenith dulu, sekarang dan masa datang. Kenapa saya mengatakan “dulu”? Saat Felix merencanakan aksi ini sebelumnya, itu tentu hanya sebuah impian. Tidak ada yang sebelumnya melakukan hal ini. Ketika ia kemudian terjun dan berhasil meraih impiannya, namanya menjadi ikonik. Ia menjadi sosok pahlawan. Dengan Felix memakai El Primero Stratos Flyback, orang kini mempunyai persepsi yang berbeda terhadap jam dan merek ini.    

Bagaimana kondisi pasar Asia saat ini?
2013 telah menjadi tahun yang menantang untuk semuanya. Pasar China menurun sedikit, bukan pada sisi ekonomi, namun lebih kepada sisi politik. Namun dari keadaan yang ada, Zenith tetap melihatnya sebagai sesuatu yang positif. Di saat market sedang menurun, konsumen justru tidak “terburu-buru” dalam memilih jam. Mereka akan lebih mempertimbangkan kualitas, dan memperbandingkan harga misalnya. Di situlah konsumen akan lebih melihat Zenith sebagai merek yang lebih diperhitungkan.

Selain China, pasar mana yang akan menjadi the next big thing?
Asia Tenggara dan Amerika Latin. Khusus di Asia Tenggara, berdasarkan peringkat potensialnya, Indonesia di urutan teratas, sementara Singapura juga masih kuat. Di level yang berbeda, India juga sangat baik, namun infrastrukturnya tidak sebaik di Indonesia. Di sini ada pusat belanja dan retailer yang luar biasa, sehingga akan semakin diperhitungkan dalam beberapa tahun mendatang.

Bagaimana perkembang desain Zenith?
Perubahan signifikan terjadi pada 2009 ketika studio baru beroperasi. Koleksi yang sekarang menawarkan jenis complicated tinggi hingga entry level dengan desain yang lebih agresif. El Primero merupakan milestone penting dalam sejarah jam tangan. Model ini sudah bertahan lebih dari 40 tahun di market. Kita sendiri merupakan konsep manufaktur sesungguhnya. Bukti dari itu semua, kawasan manufaktur kami telah menjadi cagar budaya dunia UNESCO. Kita tidak hanya sebatas merek, namun juga merek yang turut membentuk wajah dari industri jam tangan dunia.

Mengapa pria sangat menyukai jam tangan?
Jam adalah satu-satunya “perhiasan” pria. Itu seperti bagian dari DNA Anda dan merefleksikan diri pemakainya. Suka atau tidak, jam dapat memberikan “pesan” itu. Saya sendiri mendapatkan warisan jam tangan dari bapak saya ketika ia mangkat sehingga mempunyai sisi emosional yang tinggi. Jam juga dapat menjadi “teman” bertahun-tahun lamanya di saat suka dan duka. Kita juga akan lebih menghargai jam setelah tahu nilai sejarah pembuatannya. Jadi, jam mempunyai banyak arti.  

Foto: dok. Time international

Last modified on
Rate this item
(0 votes)
More in this category: « Tak Layu Sebelum Berkembang

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

© MensFolioID.com | All Rights Reserved.

Top Desktop version